Image Slider By Blogging Industries Easy to Deal innovation of blogging Pure Javascript. No jQuery. No flash. #htmlcaption #htmlcaption #htmlcaption #htmlcaption #htmlcaption #htmlcaption #htmlcaption

Paket Hemat Backpacker Karimunjawa

on Senin, 16 Maret 2015

Backpacker ke Karimunjawa Eps 01 - Seminggu ini saya melakukan perjalanan ke barat, yaitu pulau Karimunjawa yang terletak di bagian utara Jepara. Saya akan tulis perjalanan saya dalam beberapa episode tulisan, karena banyak yang ingin saya ceritakan. Pada bagian pertama ini saya coba beberkan sedikit informasi perencanaan perjalanan backpacker ke Karimunjawa.
Catatan Backpacker ke Karimunjawa
Catatan Backpacker ke Karimunjawa
Ketika mencoba search kata kunci Karimunjawa di search engine seperti google, yang kebanyakan muncul di halaman pertama adalah paket wisata. Ini membuat saya bingung, sebenarnya apa saja sih yang ada di Karimunjawa? Kok semuanya menawarkan paket liburan ke Karimunjawa.

Peta Karimunjawa
Peta Karimunjawa
Setelah mencari referensi dan dapat dari blog Mbak Nindy Kinomoto tentang backpacker di Karimunjawa, akhirnya saya dan seorang teman saya memutuskan untuk backpackeran ke Karimun Jawa dari Surabaya. Karena untuk berlibur di Karimunjawa sebenarnya tidak harus menggunakan paketan travel.

Rute Perjalanan Surabaya - Karimunjawa

Dari Surabaya menuju Karimunjawa bisa menggunakan bus dari terminal Bungurasih menuju Jepara. Dari Terminal bus, perjalanan dilanjutkan ke pantai kartini dan dilanjutkan menyebrang ke Karimunjawa menggunakan kapal laut. 
Lama perjalanan darat tergantung situasi dan kondisi di jalan, saat saya berangkat saya membutuhkan waktu sekitar 6 jam dari Surabaya sampai Jepara dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Jepara ke Karimunjawa dengan kapal.< 

Bis dari Surabaya - Jepara

Hanya ada dua jenis bis dari Surabaya ke Jepara, yaitu Bus Indonesia dan Jaya Utama. Yang saya tahu bis Indonesia terakhir dari Surabaya ke Jepara adalah pukul 20.30, sedangkan untuk bis Jaya Utama kalau tidak salah pada pukul 21.30 
Saya lebih suka naik Bus Indonesia dibandingkan Jaya Utama, entah kenapa rasanya lebih nyaman. Untuk tiket bis saat saya naik adalah Rp. 90.000, itu sudah termasuk satu kali makan di rumah makan di Tuban. Masakannya lumayan.

Fasilitas di bis adalah dua seat untuk masing-masing sisinya, full ac dan tersedia kamar mandi di dalam bis. 

Kapal Jepara - Karimunjawa PP

Adapun untuk menyebrang ke pulau Karimunjawa, kita bisa menggunakan 3 jenis kapal, yaitu kapal Siginjai, Express Bahari 2C dan Kartini. Kapal Kartini ini berangkat dari Semarang, saya kurang tahu jadwalnya. Berikut jadwal Kapal Siginjai dan Express Bahari 2C.

Jadwal Kapal Sigijai Jepara - Karimunjawa PP


Nama KapalHariTujuanJadwal Keberangkatan
KMP SigijaiSeninJepara - Karimunjawa07.00
SelasaKarimunjawa - Jepara07.00
RabuJepara - Karimunjawa07.00
KamisKarimunjawa - Jepara07.00
JumatOFFOFF
SabtuJepara - Karimunjawa07.00
MingguKarimunjawa - Jepara07.00

Harga Tiket Siginjai kelas ekonomi adalah Rp. 44.000 untuk membawa motor naik kapal ini dikenakan biaya Rp. 37.000 / motor.  Tiket untuk kelas VIP adalah RP. 96.000.

Lama perjalanan sekitar 4 - 5 jam. Ini jauh lebih cepat dibanding pendahulunya yang bernama kapal muria (kalau tidak salah) yang menghabiskan waktu sekitar 7 - 8 jam.

Pembelian tiket harus dilakukan di pelabuhan pada hari yang sama dengan kita berangkat. Kita tidak bisa booking sebelum hari H. Kalau tidak salah loket buka antara pukul 05.00 - 05.30 WIB.

Jadwal Kapal Express Bahari 2C

Kapal Express Bahari 2C
Kapal Express Bahari 2C

Nama KapalHariTujuanJadwal Keberangkatan
Express Bahari 2CSeninJepara - Karimunjawa09.00
SeninKarimunjawa - Jepara12.00
SelasaJepara - Karimunjawa09.00
RabuKarimunjawa - Jepara11.00
KamisOFFOFF
JumatJepara - Karimunjawa09.00
SabtuKarimunjawa - Jepara07.00
SabtuJepara - Karimunjawa10.00
MingguKarimunjawa - Jepara11.00
Harga Tiket Express Bahari 2C adalah Rp. 110.000 untuk eksekutif dan Rp. 130.000 untuk VIP. Kapal ini hanyalah kapal penumpang yang tidak bisa digunakan untuk membawa motor dan sebagainya.

Untuk pembelian tiket Express Bahari 2C bisa dilakukan sebelum hari H. Namun menurut saya layanan order tiket ini sangat mengecewakan. Tidak fast respon pokoknya. Namun bisa dicoba asal jangan mepet-mepet pesennya. 

Informasi kontak untuk pemesanan bisa melalui nomor di bawah ini (Informasi di loket pelabuhan kapal). Untuk masuk membeli dan masuk menggunakan KTP (mirip pembelian tiket kereta api gitu)

Telp : 0291 592999 (Jepara) 

Untuk tiket Bahari Express kamu akan berebutan dengan para agen travel yang sudah punya koneksi di dalam. Kalau musim liburan jangan harap bisa dapat tiket dengan beli on the spot :D. 

Backpacker ke Karimunjawa?

Karimunjawa dari Bukit
Karimunjawa dari Bukit
Mungkin banyak yang berfikir bahwa kita akan kesulitan apabila tidak mengikut travel di sana. Padahal kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan mengikut salah satu biro. Penginapan di sana mulai dari Rp. 80.000 - jutaan /malam pun ada :D.

Update Informasi penting : 

  • Hanya ada ATM BRI di Karimunjawa, lebih baik bawa uang cukup dari luar daripada kehabisan uang di Karimunjawa :D
  • Listrik hanya menyala dari 17.30 - 06.00, pastikan kamu hemat baterai di siang hari dan cas ketika malam tiba. 
  • Ada wifi.id di telkom dekat alun-alun, bisa dijadikan alternatif internet kencang di malam hari.
  • Tidak disaranakn datang saat libur natal dan tahun baru #kataoranglokal, karena kamu tidak bisa benar-benar menikmati liburan di sini
  • Bulan Februari - Maret ombak seringkali besar, kapal kadang tidak menyeberang.

Setelah mendapatkan penginapan bisa langsung tanya ke pengelola tentang paket tour laut. InsyaAllah dibantu. Harga untuk tour laut berbeda-beda, tergantung orang yang anda tanyai. Saya ikut paketan dari homestay yaitu sebesar 150.000/hari. Itu sudah all in tur laut sehari dengan rincian sebagai berikut 

Paket Tour Laut Harian

Fasilitas yang didapatkan dengan biaya 150.000/ hari adalah sebagai berikut 
  • Transport berupa kapal
  • Persewaan alat snorkling
  • Dokumentasi underwater (siap-siap flashdisk untuk copy data)
  • Makan siang (Ikan laut bakar)
Intinya tinggal datang ke dermaga, naik kapal sampai pulang ke dermaga lagi. Enggak perlu ribet nyari macem-macem. Ini numpang rombongan yang lain.

Numpang tour laut yang lain
Numpang tour laut yang lain

Makanan di Karimunjawa

Kalau backpacker di Karimunjawa tidak perlu takut dengan makanan, karena ada banyak warung dengan harga standard di sana. 1 porsi sekitar 10 ribuan sudah termasuk minum. Untuk Aqua botol 1.5 liter dibandroll dengan harga 5 ribu.  

Wisata di Karimunjawa

Selain laut, ada banyak wisata darat di Karimunjawa seperti Makam Sunan Nyamplungan, Tracking Mangrove, Pantai Nirwana Resort dan Fosil di Bukit Joko Tuo. Beberapa lokasi memang cukup jauh dari pusat kehidupan warga Karimunjawa. Kamu bisa sewa motor dengan harga Rp. 75.000/ harinya.  
Sistem sewa motor di sini bukanlah 24 jam, tapi hari dimana kamu pinjam. Apabila kamu pinjam hari Senin ya harus balik hari Senin Malam.

Kisaran Anggaran Dana Backpacker ke Karimunjawa

NomorKeperluanBiaya
1Tiket Bis Surabaya - Jepara PPRp. 180.000
2Tiket Kapal Siginjai PP Rp. 90.000
3Tiket Masuk KarimunjawaRp. 5.000
4Homestay 1 KamarRp. 80.000/hari
5Tour LautRp. 150.000/hari
6Wisata Lain-LainRp. 20.000
7Sewa MotorRp. 75.000
8MakanRp. 10.000/makan
Mungkin itu anggaran kasar yang dibutuhkan untuk backpackeran di Karimunjawa. Untuk yang lain bisa menyesuaikan. Kalau mau makan seafood, harga sekitar Rp. 20.000 an kok. Ikannya gede-gede dan fresh. Ini salah satu penampakannya. 
Cumi Bakar Segar di Karimunjawa
Cumi Bakar Segar di Karimunjawa
Saya berdua selama 4 hari di sana tidak habis lebih dari Rp. 800.000. Mau tahu fakta ketika saya backpackeran di Karimunjawa? Tunggu tulisan tentang backpacker karimunjawa Eps 02 - selesai dipanduaji.net :D

Cerita Lanjutan di Karimunjawa

Backpacker ke Karimunjawa Eps 02 - Perjalanan dimulai
Backpacker ke Karimunjawa Eps 03 - Bertualang di daratan Karimunjawa
Backpacker ke Karimunjawa Eps 04 - Menikmati pesona laut Karimunjawa
Backpacker ke Karimunjawa Eps 05 - Menikmati pesona laut Karimunjawa (lagi)

Buat yang gak mau ribet, mungkin bisa coba cek paket liburan wisata karimunjawa komplit. siapa tahu cocok dan berminat :)
Ranking: 5

{ 1 komentar... read them below or add one }

Cantika mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar